Minggu, 14 Desember 2008

Membeli Komputer untuk Jangka Panjang

Guna mendukung pekerjaan, kehadiran komputer di rumah tentu menjadi hal yang tak terelakkan. Apalagi sekarang dengan kemajuan teknologi, perangkat yang pertama kali diciptakan tahun 1946 ini tidak hanya dapat digunakan untuk menjalankan fungsi pengolahan kata saja. Mengedit foto, membuat adegan animasi, sampai menikmati hiburan pun sangat dimungkinkan. Kian hari tuntutan akan software dan hardware yang lebih mumpuni agar program bisa berjalan dengan sempurna merupakan suatu keniscayaan.

Oleh karena itu, saat hendak membeli perangkat komputer tak ada salahnya untuk mempertimbangkan teknologi yang diusung oleh beberapa perangkat di dalamnya, seperti berikut ini:

RAM (Random Access Memory)
Kalau di masa mendatang kita berencana untuk meng-up grade memory, ada baiknya untuk menyisakan satu socket RAM pada motherboard guna kelancaran program-program yang di-install. Jadi ketimbang harus menggunakan 2 modul RAM, lebih baik menggunakan satu modul dengan ukuran yang sama.

Kalau memungkinkan, lebih baik gunakan kartu PCI express mengingat di masa mendatang komponen-komponen komputer mensyaratkan kartu jenis ini. Demikian pula untuk memilih komputer yang dilengkapi dengan USB 2.0 agar kita bisa melakukan koneksi dengan perangkat lain seperti card reader, bluetooth adapter, hand phone, atau notebook.

Untuk hard disk-nya, akan lebih baik kalau kita memilih yang mengusung koneksi 2 serial ATA (beberapa produk hard disk hanya memberikan koneksi Paralel ATA atau SATA saja). Dengan dua jenis koneksi ini, akan lebih fleksibel dalam melakukan transfer data.

Terakhir, tak ada salahnya untuk memilih layar monitor yang benar-benar mumpuni sesuai dengan kebutuhan dan peruntukkan komputer, agar tuntutan akan tampilan yang wah bisa terpenuhi, misal: para gamer bisa memilih layar LCD
Sumber: Kompas

Tidak ada komentar: