Kamis, 31 Desember 2009

MO BIKIN USAHA, TP MODALNYA??.....(2)

Pada tulisan sebelumnya udah diulas, kalo saat ini terdapat banyak lembaga keuangan n salah satunya adalah lembaga keuangan mikro (LKM). Secara garis besar ada 2 jenis LKM, yaitu: bank dan non-bank. Banyak dari kita (including me) yg lebih familiar ama bank. So pada kesempatan ini kita sharing, soal apa2 aja yg musti disiapin kalo kita mo ngajuin proposal pengajuan kredit pada bank. Proposal sederhana musti mencakup poin2 berikut (dikutip dari perencanakeuangan dot com).

1. Tanggal pengajuan kredit.

2. Proposal ditujukan pada Kepala Cabang.

3. Di pembukaan proposal, ceritakan usahanya apa n udah berlangsung berapa lama.

4. Jelaskan tujuan pengajuan kredit. Misalnya, adanya kredit bisa meningkatkan target penjualan (sebutin dalam angka n perhitungan yang wajar).

5. Sebutkan besarnya dana yang dimohon dan jangan lupa sebutkan modal sendiri ada berapa, sehingga bank hanya akan memberikan kekurangannya. Biasanya bank hanya memberi maksimal 80% dari project cost, 20% adalah dari modal kita sendiri. Contoh: untuk pemenuhan SPK pengadaan komputer, kita memerlukan dana sebesar 100 juta, maka yang bisa dimohonkan kepada bank maksimal hanya 80 juta (sisanya 20 juta dari kita sendiri).

6. Di akhir proposal, sebutkan nama dan kontak yang bisa dihubungi serta sampaikan bahwa kita siap disurvei dan memperinci segala sesuatu yang belum lengkap (dari pihak kita maupun dari banknya sendiri).

1 komentar:

zndhox mengatakan...

kedar sharing aja hasil dari kekecewaan ama teori-teori bak puisi yang kita dapatkan di mata kuliah ekonomi makro atopun mikro pas s1 kemaren bro.
tempo hari aku ke bank, ngajuin proposal. dan ternyata ada beberapa kelemahan bagi kita kalo mo buka usaha (ini bukan pesimisme, hanya saja realitisnya). pertama, kita musti punya jaminana. ambil aja contohnya tanah. tanah yang harga riil-nya sekitar 3oo-an juta ternyata hanya bisa menjebol sekkitar 50% dari harga aslinya. jadi kurang lebih dana to kucuran modal yang bisa dicairkan oleh bank hanya 150 juta (belum pajak dll)
trus belum lagi bagi orang-orang yang belum ada penghasilan tetap, itu akan sangat-sangat kesulitan untuk bisa mendapatkan modal.
apalagi bagi calon pengusaha yang belum ada usah (ato belum punya usaha yang sudah berjalan)
...
modal pinjem dana di bank ternyata emang harus sudah punya modal sebelumnya...